Android Development dengan MVP Pattern (Perkenalan)

Halo Coders, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu pola desain atau design pattern MVP di Android nih. Tapi sebelum masuk ke penerapannya, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu MVP dan keuntungan menerapkan pola desain dalam pengembangan aplikasi android.

MVP merupakan kepanjangan dari Model View Presenter. Pola MVP ini mirip dengan pola desain yang sudah sangat terkenal yaitu MVC (Model View Controller).  Pola pengembangan ini sangat membantu software developer dalam memisahkan lapisan-lapisan dalam aplikasinya. Secara umum lapisan-lapisan dalam suatu software ada tiga bagian yaitu lapisan yang berkaitan dengan data (Model), lapisan yang berkaitan dengan tampilan aplikasi (View), dan lapisan yang berkaitan dengan logika bisnis (Presenter). Pemisahan lapisan-lapisan ini sangat membantu software developer dalam pembuatan software, maintenance software, bahkan penambahan fitur dalam software. Hal ini dikarenakan source code akan jauh lebih mudah dibaca dengan lapisan-lapisan yang terpisah, selain itu semua developer akan dapat membaca source code yang Coders buat jika developer tersebut memahami design pattern yang Coders gunakan dalam kasus ini MVP.

Setelah Coders mengetahui fungsi dan keuntungan dari penerapan design pattern tersebut, sekarang mari kita tengok perbedaan antara MVP dan MVC dalam gambar berikut.

Dapat dilihat dari diagram tersebut, perbedaan terletak pada Model dan View. Dalam design pattern MVC terdapat panah yang artinya Model dapat berkomunikasi dengan View secara langsung, sedangkan dalam MVP tidak terdapat panah yang artinya Model hanya dapat berkomunikasi dengan View melalui Presenter, begitu pula sebaliknya. Pelarangan Model berkomunikasi dengan View secara langsung supaya dalam development, source code Coders bisa lebih teratur, semua interaksi harus melalui Presenter dengan begitu alur code akan menjadi lebih jelas. Sampai disini Coders telah memahami apa itu MVP design pattern, apa perbedaan MVC dan MVP dan apa keuntungan dari design pattern tersebut.

Cukup sampai disini perkenalan dengan MVP Design Pattern dalam Android Development, untuk selanjutnya kita akan belajar MVP Design Pattern lebih dalam lagi tentang aturan-aturan yang harus diikuti dalam MVP Design Pattern, peranan kelas-kelas di Android Framework dalam MVP Design Pattern, serta bagian-bagian arsitektur dalam MVP Design Pattern.

Notes : Jika ada yang kurang dimengerti atau mungkin ada penjelasan saya yang salah, silakan isi kolom komentar dibawah, terimakasih.

 

Part 2 :

Android Development dengan MVP Pattern (Lanjutan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.